Manfaat Antibiotik untuk Mengobati Infeksi karena Bakteri

obat antibiotik

ilustrasi obat antibiotik

Antibiotik memiliki efek menekan dan menghentikan proses infeksi oleh bakteri, dan memang di khususkan untuk pengobatan penyakit karena infeksi dengan cara menekan dan memutuskan satu rantai metabolisme sebuah bakteri. Antibiotik efektif untuk menangani bakteri tetapi tidak efektif ketika dipakai untuk menangani infeksi dikarenakan oleh virus dan jamur. Beberapa jenis antibiotik memang di khususkan untuk melawan berbagai jenis bakteri saja.

Pemberian antibiotik untuk pasien seharusnya bertahap dari yang sederhana dan disesuaikan dengan bakteri penyebab infeksinya, tetapi di lapangan beberapa pasien menggunakan antibiotik tidak sesuai dengan dosis atau memilih antibiotik tidak sesuai standart baku dengan alasan ingin obat yang manjur dan obat mahal adalah manjur.

Penggunaan Antibiotik diberikan sesuai dosis yang menyebabkan bakteri segera mati dalam waktu yang lama untuk memutus jaringan mutasi bakteri tersebut, sehingga penggunaan antibiotik sesuai dengan dosis. Penggunaan antibiotik yang tanggung meyebabkan munculnya tipe bakteri lain yang kebal terhadap antibiotik tersebut. oleh karena itulan ketika anda sakit oleh bakteri, konsumsi obat haruslah dihabiskan sesuai dosis walaupun sudah kelihatan sembuh infeksi bakteri yang menyerang.

antibiotik

ilustrasi obat antibiotik

Berikut ini beberapa jenis antibiotik dan manfaat penggunaan antibiotik untuk mengobati  infeksi bakteri

Amoxicillin, merupakan antibiotik dari golongan penicillin lebih spesifik pada kelas aminopenicillin. Amoxicillin lebih dikenal masyarakat dengan sebutan ampicilin. Manfaat antibiotik amoxicillin ini untuk mengobat infeksi kulit, infeksi gigi, telinga saluran nafas dan saluran kemih.

Cefadroxil, adalah keluaran pentama dari antibiotik golongan Cephalosphorin. Manfaat antibiotik Cefadroxil ini sama dengan Amoxicillin atau antibiotik golongan penicillin untuk mengobati infeksi kulit sampai infeksi saluran kemih.

Erythromicyn, adalah antibiotik golongan makrolid digunakan untuk pasien yang alergi terhadap antibiotik golongan penicillin. Antibiotik ini sering dipakai untuk pengobatan pneumonia atipik atau pneumonia karenainfeksi bakteri.

Ciprofloxacin, merupakan antibiotik paling baru saat ini dan termasuk golongan floroquinolon. Manfaat antibiotik ini untuk mengobati infeksi saluran kemih, infeksi saluran nafas dari sinuitis, pneumonia, bronkitis dan infeksi kulit lain karena bakteri.

Tetrasiklin, merupakan antibiotik yang banyak digunakan oleh para pekerja seks untuk mengobati infeksi kelamin chlamydia, gonorrhea atau kencing nanah. Akan tetapi penggunaan antibiotik ini bisa membuat kuman gonorrhea kebal tehadap antibiotik.

Keefektifannya antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri bergantung pada lokasi infeksi dan kemampuan antibiotik mencapai lokasi bakteri. Antibiotika oral (yang dimakan) mudah digunakan bila efektif, dan antibiotika intravena (melalui infus) digunakan untuk kasus yang lebih serius. Antibiotika kadangkala dapat digunakan setempat, seperti tetes mata dan salep.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>